Monday 22 November 2010

Flickr or Picasa

Flickr dan Picasa adalah sama2 komunitas fotografi atau image hosting di dunia maya. Berikut perbedaan dari keduanya berdasarkan pengalaman saya menggunakan social community tersebut.

Beberapa hal yang menarik dari Picasa
1. Diakusisi oleh Google pada tahun 2004. Nama Picasa tersebut diambil dari nama pelukis terkenal asal Spanyol, Pablo Picasso.
2. Dapat mengedit gambar secara online, cukup meng-klik di tombol edit kita akan diarahkan ke aplikasi picnik.com. Feature dari aplikasi ini tidak banyak, namun cukuplah kalo kita hanya mau mengedit brigthness atau crop, resize dan exposure.
3. Apabila kita menulis blog dari Google, kita dapat langsung menambahkan gambar2 kita yang sudah diupload, jadi tidak perlu lagi upload dari komputer.
4. Info dari photo tersebut.

5. Storage max adlaah 1 GB, apabila ingin lebih kita harus membayar.

Beberapa hal yang menarik dari Flickr
1. Diakuisi oleh Yahoo pada tahun 2005.
2. Feature Exam-Diff. Exam-diff merupakan data dari sebuah gambar pada saat diambil misalnya camera dan lensa yang digunakan, berapa speed dan aperture yang digunakan, sehingga kita juga dapat mempelajari settingan dari sebuah photo. Bahkan di camera2 keluaran terbaru, metada file ini juga dilengkapi oleh copyright, jadi kita bisa menambahkan nama kita sebagai hak cipta.


3. Mempunyai feature 'tags'. Feature tersebut digunakan untuk mempermudah pencaharian gambar berdasarkan tags yang kita berikan. Misalnya kita upload photo gunung lalu kita kasih tags 'gunung' atau 'mountain' atau 'landscape'. Jadi apabila ada orang search tags diatas, maka gambar kita akan muncul.
4. Storage max adalah unlimited. Namun apabila kita menggunakan free version kita hanya dapat mengakses 200 gambar terakhir kita, untuk dapat mengakses keseluruhan kita harus upgrade ke pro version.

Saat ini, komunitas dari Flickr jauh lebih banyak daripada Picasa. Jadi pilih mana Picasa atau Flickr, kalau saya pakai dua2nya aja karena keduanya sekarang didevelop oleh dua perusahaan internet terkemuka, Google dan Yahoo, jadi kita tunggu aja inovasi keduanya.

cheers,

No comments:

Post a Comment

Pages

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...