Sunday, 27 February 2011

Deep Of Field (DoF)

Deep of Field (DoF) adalah jarak (range) antara titik terjauh dan titik terdekat yang dapat diterima oleh lensa. Diterima oleh lensa maksudnya dimana object terlihat jelas (focus) diantara titik-titik tersebut, diluar range tersebut gambar akan terlihat blur.

DoF sangat berkaitan dengan Aparture/Diafragma, apabila kita menggunakan Av yang besar, misal 1/2.8 atau 1/4 maka DoF yang didapat kecil, oleh karena itu object yang fokus (berada dalam range DoF) pada gambar terlihat jelas/fokus sedangkan diluar object terlihat blur atau disebut juga bokeh.

Menentukan besar kecilnya DoF tergantung dari gambar yang kita inginkan, misal kita ingin memfokuskan sebuah object burung sedang background nya blur
1/1250 sec at f/2.8 with ISO 1600

Sedangkan apabila kita ingin mengambil gambar landscape/seascape dimana setiap bagian gambarnya detil dan focus, kita perlu menggunakan aperture/diafragma yang kecil seperti 1/20 untuk mendapat Deep of Field yang besar.

4 comments:

  1. Mas Brooo, kata orang malay Gileerrrrrr keren bgt , jadi buka kelas buat fotography nggak ... ? kita daftar jadi murid pertama deh, walaupun nggak punya cameranya :D

    ReplyDelete
  2. Haha thank you. Ayo kita susun acara jalan2nya :)

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...